Memasarkan Produk / Jasa yang kita miliki bukan lagi sebuah pilihan namun keharusan.
Sudah sangat sering sekali kita membaca berita bahwa pengusaha besar gulung tikar akibat kalah bersaing dengan pemasaran online.
Pilihan berpromosi atau bangun bisnis melalui online banyak sekali caranya..
Dari sekian banyak media / tempat mengembangkan bisnis secara online, saya mengkategorikan 4 jenis berdasarkan cara pemasarannya.
1. Media Sosial
Media yang satu ini sejatinya adalah tempat bersosialisasi, berinteraksi.
Namun media sosial juga sangat efektif digunakan membangun bisnis, berjualan dan membangun brand atau personal brand.
Karena sifatnya adalah sosial media, maka di jenis media ini adalah kekuatannnya adalah di konten dan eksistensi nya.
Semakin menarik kontennya, semakin eksis dan sering muncul maka akan semakin laris nantinya.
Contoh Media Sosial :
- Tiktok
- Youtube
- DLL
2. MarketPlace
Kalau yang ini adalah Pasar digital. Disediakan pihak ke 3 agar penjual pembeli dapat melakukan kegiatan transaksi.
Keamanan dan banyaknya promo menjadi alasan banyak nya jumlah transaksi di media penjualan ini.
Contoh Marketplace :
- Shoppee
- Lazada
- Bukalapak
- Tokopedia
- Dll
3. Web atau Toko Online
Website atau aplikasi yang dibangun pemiliknya secara khusus untuk transaksi produk – produk pribadi miliknya sendiri.
Jadi tidak menumpang atau berjualan di media yang dimiliki orang lain.
Media seperti ini kunci larisnya adalah pinter-pinter mendatangkan pengunjung ke website yang dimilikinya.
4. Media Pesan
Ya seperti namanya, media ini cenderung media untuk berkirim pesan atau chatting.
Kelebihan media pesan ini, kita dapat sewaktu-waktu menghubungi calon pembeli tanpa dibatasi apapun seperti gak pakai algoritma dll.
Contoh Media Pesan :
- Telegram
- SMS
- Dll
Komentar
Posting Komentar