Loading...

Sejarah Mengapa India Terbagi Menjadi Dua Negara

Released on Juli 05, 2021 · 0 Views · Posted by Palkon · Series

Tempat Sejarah Mengapa India Terbagi Menjadi Dua Negara, Berikut link Sejarah Mengapa India Terbagi Menjadi Dua Negara, jangan lupa untuk klik like dan bagikan. Series edukasi selalu update di DownloadNontonSubIndo. Jangan lupa menonton Anime, Drama, atau Film terbaru lainnya.

Sejarah Mengapa India Terbagi Menjadi Dua Negara

Released on Juli 05, 2021 · 0 Views · Posted by Palkon · Series

Tempat Sejarah Mengapa India Terbagi Menjadi Dua Negara, Berikut link Sejarah Mengapa India Terbagi Menjadi Dua Negara, jangan lupa untuk klik like dan bagikan. Series sejarah selalu update di DownloadNontonSubIndo. Jangan lupa menonton Anime, Drama, atau Film terbaru lainnya.

Jika kesulitan streaming atau nonton dihalaman situs kami, mohon gunakan Link Streaming/Nonton Alternatif
Sejarah Mengapa India Terbagi Menjadi Dua Negara

Pada bulan Agustus 1947, India memperoleh kemerdekaan setelah 200 tahun kekuasaan Inggris.

Yang terjadi selanjutnya adalah salah satu migrasi paksa terbesar dan paling berdarah dalam sejarah. Diperkirakan satu juta orang kehilangan nyawa mereka.

Sebelum penjajahan Inggris, anak benua India adalah tambal sulam kerajaan regional dikenal sebagai negara pangeran yang dihuni oleh Hindu, Muslim, Sikh, Jain, Buddha, Kristen, Parsis, dan Yahudi. Setiap negara pangeran memiliki tradisinya sendiri, latar belakang kasta, dan kepemimpinan.

Mulai tahun 1500-an, serangkaian kekuatan Eropa menjajah India dengan pemukiman perdagangan pesisir.

Pada pertengahan abad ke-18, Perusahaan Hindia Timur Inggris muncul sebagai kekuatan kolonial utama di India. Inggris memerintah beberapa provinsi secara langsung, dan memerintah negara-negara pangeran secara tidak langsung.

Di bawah pemerintahan tidak langsung, negara-negara pangeran tetap berdaulat, tetapi membuat konsesi politik dan keuangan kepada Inggris.

Pada abad ke-19, Inggris mulai mengkategorikan orang India berdasarkan identitas agama penyederhanaan besar dari masyarakat di India. Mereka menganggap umat Hindu sebagai mayoritas dan semua komunitas agama lainnya sebagai minoritas yang berbeda, Muslim menjadi minoritas terbesar.

Sikh dianggap sebagai bagian dari komunitas Hindu oleh semua orang kecuali diri mereka sendiri. Dalam pemilu, orang hanya bisa memilih kandidat identifikasi agama mereka sendiri. Praktik-praktik ini melebih-lebihkan perbedaan, menabur ketidakpercayaan antara komunitas yang sebelumnya hidup berdampingan.

Abad ke-20 dimulai dengan beberapa dekade gerakan anti-kolonial, dimana orang India berjuang untuk kemerdekaan dari Inggris.

Setelah Perang Dunia II, di bawah tekanan keuangan yang sangat besar dari perang, Inggris akhirnya menyerah. Para pemimpin politik India memiliki pandangan yang berbeda tentang seperti apa seharusnya India merdeka.

Mohandas Gandhi dan Jawaharlal Nehru mewakili mayoritas Hindu dan menginginkan satu India bersatu.

Muhammad Ali Jinnah, yang memimpin minoritas Muslim, menganggap keretakan yang diciptakan oleh penjajahan terlalu dalam untuk diperbaiki.

Jinnah berpendapat untuk pembagian dua bangsa di mana umat Islam akan memiliki tanah air yang disebut Pakistan.

Menyusul kerusuhan pada tahun 1946 dan 1947, Inggris mempercepat mundurnya mereka, merencanakan kemerdekaan India di balik pintu tertutup.

Pada bulan Juni 1947, raja muda Inggris mengumumkan bahwa India akan memperoleh kemerdekaan pada bulan Agustus, dan dipartisi menjadi India Hindu dan Pakistan Muslim, tetapi memberikan sedikit penjelasan tentang bagaimana tepatnya ini akan terjadi.

Menggunakan peta yang ketinggalan zaman, nomor sensus yang tidak akurat dan pengetahuan yang minim tentang tanah, hanya dalam lima minggu, Komite Perbatasan menggambar perbatasan, membagi tiga provinsi di bawah kekuasaan Inggris langsung: Bengal, Punjab, dan Assam.

Perbatasan memperhitungkan di mana Hindu dan Muslim adalah mayoritas, tetapi juga faktor-faktor seperti lokasi dan persentase populasi.

Jadi jika suatu wilayah mayoritas Hindu berbatasan dengan wilayah mayoritas Hindu lainnya, itu akan dimasukkan di India. Tetapi jika wilayah mayoritas Hindu berbatasan dengan wilayah mayoritas Muslim, itu mungkin menjadi bagian dari Pakistan.

Negara-negara pangeran di perbatasan harus memilih negara-negara baru mana yang akan bergabung, kehilangan kedaulatan mereka dalam proses tersebut.

Sementara Komite Perbatasan mengerjakan peta baru, Hindu dan Muslim mulai pindah ke daerah moving di mana mereka pikir mereka akan menjadi bagian dari mayoritas agama, tapi mereka tidak bisa memastikan.

Keluarga membagi diri, khawatir kekerasan seksual, orang tua mengirim anak perempuan dan istri muda ke daerah yang mereka anggap aman.

Peta baru tidak terungkap sampai 17 Agustus 1947, dua hari setelah kemerdekaan.

Provinsi Punjab dan Bengal menjadi Pakistan Timur dan Barat yang terpisah secara geografis. Sisanya menjadi India yang mayoritas Hindu.

Dalam kurun waktu dua tahun, jutaan umat Hindu dan Sikh tinggal di Pakistan berangkat ke India, sementara Muslim yang tinggal di India melarikan diri dari desa di mana keluarga mereka telah tinggal selama berabad-abad.

Kota-kota Lahore, Delhi, Calcutta, Dhaka, dan Karachi dikosongkan dari penghuni lama dan dipenuhi pengungsi.

Dalam kekosongan kekuasaan pasukan Inggris tertinggal, milisi radikal dan kelompok lokal membantai para migran.

Sebagian besar kekerasan terjadi di Punjab, dan perempuan menanggung bebannya, mengalami pemerkosaan dan mutilasi. Sekitar 100.000 wanita diculik dan dipaksa menikahi penculiknya.

Masalah-masalah yang diciptakan oleh Pemisahan jauh melampaui akibat langsung yang mematikan ini. Banyak keluarga yang pindah sementara menjadi pengungsi permanen,  dan perbatasan terus disengketakan.

Pada tahun 1971, Pakistan Timur memisahkan diri dan menjadi negara baru Bangladesh. Sementara itu, penguasa Hindu Kashmir memutuskan untuk bergabung dengan India,

keputusan yang akan diselesaikan melalui referendum publik dari mayoritas penduduk muslim.

Referendum itu masih belum terjadi pada tahun 2020, India dan Pakistan telah berperang memperebutkan Kashmir sejak 1947.

Lebih dari 70 tahun kemudian, warisan Pemisahan tetap jelas di anak benua dalam formasi politiknya yang baru dan dalam ingatan keluarga yang terpecah.


Dev

Episode Lainnya

Other Series

Komentar

A-Z List cari anime berdasarkan abjad A-Z
Copyright © DownloadNontonSubIndo. All Rights Reserved

DownloadNontonSubIndo adalah tempat download Anime, Film, Drama Korea Subtitle Indonesia