Loading...

10 Tindakan Terlarang Yang Dilakukan Orang Iri Hati

Released on Juli 18, 2021 · 0 Views · Posted by Palkon · Series

Tempat 10 Tindakan Terlarang Yang Dilakukan Orang Iri Hati , Berikut link 10 Tindakan Terlarang Yang Dilakukan Orang Iri Hati , jangan lupa untuk klik like dan bagikan. Series Al-Qur'an selalu update di DownloadNontonSubIndo. Jangan lupa menonton Anime, Drama, atau Film terbaru lainnya.

Jika kesulitan streaming atau nonton dihalaman situs kami, mohon gunakan Link Streaming/Nonton Alternatif
10 Tindakan Terlarang Yang Dilakukan Orang Iri Hati

Terdapat kesalahan yang sering dilakukan sebagian pelajar. Di antaranya adalah rasa iri, ia tidak menyukai nikmat yang Allah berikan
kepada orang lain. Ini bukan mengharapkan hilangnya nikmat Allah dari si empunya, melainkan hanya sekedar tidak menyukai nikmat yang Allah anugerahkan kepada orang lain.

Inilah yang disebut iri hati, baik diiringi harapan hilangnya nikmat maupun tidak, yang jelas ia membenci nikmat yang diperoleh orang lain tersebut. Pengertian ini sebagaimana telah didalami Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah,ia berkata, "Iri1q adalah kebencian seseorang terhadap nikmat yang Allah berikan kepada orang lain."


Barangkali perasaan iri tidak bisa lepas dari hati seseorang. Artinya, perasaan ini muncul di hati seseorang di luar keinginan. Akan tetapi, bila seseorang merasa ada perasaan iri terhadap orang
lain dalam hatinya ia wajib tidak semena-mena terhadap orang itu, baik dengan ucapan maupun perbuatan. Orang yang iri hati sejatinya telah melakukan beberapa tindakan terlarang, yaitu :


1. Membenci takdir Allah

ketidaksukaannya terhadap nikmat yang Allah anugerahkan pada orang lain sama dengan kebencian terhadap takdir Allah dan sikap protes pada ketetapan-Nya.


2. Menghapus Kebaikan

Iri hati dapat menghapus kebaikan sebagaimana api melahap kayu bakar. Sebab pada umumnya, orang yang iri berbuat zhalim kepada orang yang dimaksud dengan memublikasikan sesuatu yang tidak disukainya, memprovokasi orang lain agar menjauhinya, mencemarkan reputasinya dan semisalnya. Tindakan ini termasuk dosa besar yang dapat menggugurkan kebaikan.


3. Perasaan negatif

Perasaan negatif yang menghinggapi hati orang yang iri seperti kesedihan, kesengsaraan dan api kemarahan yang dapat menutupi hatinya. Tiap kali ia melihat satu nikmat Allah pada orang yang dibenci, ia bertambah sedih dan dongkol.

Akibatnya ia memata-matai orang ini, dan tiap kali Allah menganugerahkan suatu nikmat padanya, ia semakin sedih, berduka dan merasa dunia semakin menghimpitnya.


4. Meyerupai orang Yahudi

Iri hati mengandung unsur menyerupai orang-orang Yahudi. Kita tahu, orang yang menyandang salah satu karakter orang-orang kafir, ia termasuk di antara mereka dalam sifat ini, berdasarkan sabda Nabi M, "Barangsinpa menyerupai suatu kaum ia termasuk golongan mereka."


5. Memelihara Perilaku Buruk yang Sia-sia

Sebesar dan sekuat apa pun rasa iri seseorang tak mungkin mampu menghilangkan nikmat Allah dari orang lain tersebut. Jika hal ini tidak mungkin, apa untungnya memelihara perasaan iri di dalam hati?


6. Tauhid tidak Sempurna

Iri hati tidak sinkron dengan kesempurnaan tauhid, berdasarkan sabda Nabi g, "Tidak (sempurna) iman salah seorang kalian sampai ia mencintai untuk saudaranya apa yang ia cintai untuk dirinya."

Prekuensinya, Anda tidak suka nikmat Allah hilang dari saudara anda sesama Muslim. Bila Anda belum merasa benci jika nikmat Allah sirna dari saudara Anda, berarti Anda belum mencintai untuk saudara Anda apa yang Anda cintai untuk diri Anda. Dan ini berseberangan dengan kesempurnaan tauhid.


7. Enggan Memohon Karunia Allah

Iri hati menyebabkan hamba enggan memohon karunia Allah. Sebab ia selalu diliputi kesedihan terhadap nikmat yang Allah anugerahkan kepada orang lain, hingga lalai dan tidak meminta karunia kepada-Nya. 

Allah telah berfirman, "Dan janganlah kalian iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebagian kalian lebih banyak dari sebagian yang Iain. (Karena) bagi orang laki-Iaki oda baginn dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebaginn dari karunin-Nya..." (An-Nisa : 32)


8. Menyepelekan Nikmat yang Diberikan

Iri hati menyebabkan seseorang memandang sepele nikmat Allah yang diterima. Artinya, orang yang dengki memandang dirinya tak berada dalam nikmat, sedangkan orang yang dibencinya mendapat nikmat yang lebih besar. Ketika itulah ia mengerdilkan nikmat Allah pada dirinya sehingga tidak mensyukurinya, bahkan bersikap tidak patuh.


9. Melakukan Perilaku Tercela

Iri hati adalah perilaku tercela. Sebab orang yang iri akan memata-matai berbagai nikmat Allah pada orang-orang di sekitarnya dan berusaha semampu mungkin menjauhkan manusia dari orang yang dimaksud. Terkadang dengan mencemarkan nama baiknya, terkadang dengan meremehkan kebaikan yang dilakukan orang tersebut atau selainnya.


10.  Mengambil Keburukan dan Diambil Kebaikannya

Orang yang iri hati itu bila biasanya bertindak sewenang-wenang pada orang yang dimaksud. Bila demikian, di akhirat kelak, orang yang menjadi korban akan mengambil kebaikannya. Itu jika kebaikannya masih ada, bila tidak maka keburukan korban diambil dan dilimpahkan pada orang yang iri kepadanya lalu ia dilempar ke dalam neraka.


Baca juga: 7 Perbuatan Haram Yang Wajib Dihindari


   Kesimpulannya, iri hati adalah akhlak tercela. Ironisnya, tindakan ini sering muncul di antara ulama dan penuntut ilmu, termasuk di antara para pedagang. Mereka saling dengki. Setiap pelaku profesi tertentu mendengki rival yang seprofesi dengannya.

Tapi sangat disayangkan, perilaku ini banyak terjadi di antara para ulama dan penuntut ilmu. Padahal seharusnya dan sepantasnya mereka menjadi orang-orang yang paling jauh dari iri hati dan lebih dekat pada kesempurnaan akhlak.

Episode Lainnya

Other Series

Komentar

A-Z List cari anime berdasarkan abjad A-Z
Copyright © DownloadNontonSubIndo. All Rights Reserved

DownloadNontonSubIndo adalah tempat download Anime, Film, Drama Korea Subtitle Indonesia