Loading...

7 Perbuatan atau Sikap Haram yang Wajib Dihindari dalam Islam

Released on Juli 16, 2021 · 0 Views · Posted by Palkon · Series

Tempat 7 Perbuatan atau Sikap Haram yang Wajib Dihindari dalam Islam, Berikut link 7 Perbuatan atau Sikap Haram yang Wajib Dihindari dalam Islam, jangan lupa untuk klik like dan bagikan. Series agama selalu update di DownloadNontonSubIndo. Jangan lupa menonton Anime, Drama, atau Film terbaru lainnya.

7 Perbuatan atau Sikap Haram yang Wajib Dihindari dalam Islam

Released on Juli 16, 2021 · 0 Views · Posted by Palkon · Series

Tempat 7 Perbuatan atau Sikap Haram yang Wajib Dihindari dalam Islam, Berikut link 7 Perbuatan atau Sikap Haram yang Wajib Dihindari dalam Islam, jangan lupa untuk klik like dan bagikan. Series Al-Qur'an selalu update di DownloadNontonSubIndo. Jangan lupa menonton Anime, Drama, atau Film terbaru lainnya.

7 Perbuatan atau Sikap Haram yang Wajib Dihindari dalam Islam

Released on Juli 16, 2021 · 0 Views · Posted by Palkon · Series

Tempat 7 Perbuatan atau Sikap Haram yang Wajib Dihindari dalam Islam, Berikut link 7 Perbuatan atau Sikap Haram yang Wajib Dihindari dalam Islam, jangan lupa untuk klik like dan bagikan. Series hadist selalu update di DownloadNontonSubIndo. Jangan lupa menonton Anime, Drama, atau Film terbaru lainnya.

7 Perbuatan atau Sikap Haram yang Wajib Dihindari dalam Islam

Released on Juli 16, 2021 · 0 Views · Posted by Palkon · Series

Tempat 7 Perbuatan atau Sikap Haram yang Wajib Dihindari dalam Islam, Berikut link 7 Perbuatan atau Sikap Haram yang Wajib Dihindari dalam Islam, jangan lupa untuk klik like dan bagikan. Series Islam selalu update di DownloadNontonSubIndo. Jangan lupa menonton Anime, Drama, atau Film terbaru lainnya.

Jika kesulitan streaming atau nonton dihalaman situs kami, mohon gunakan Link Streaming/Nonton Alternatif

7 Perbuatan sikap sifat Haram tercela yang Wajib Dihindari dalam Islam rasa iri hati, berfatwa sembarangan, Menghina atau mencela ulama, sombong, buruk sangka, overtinking

1. lri Hati

Terdapat kesalahan yang sering dilakukan sebagian pelajar. Di antaranya adalah rasa iri. Ia tidak menyukai nikmat yang Allah berikan kepada orang lain.

Baca Selengkapnya: Rasa Iri Hati Perbuatan Haram, Tercela, dan Wajib Dihindari


2. Berfatwa Tanpa llmu

Memberi fatwa adalah kedudukan yang agung. Jabatan yang tinggi ini tak pantas diduduki kecuali orang yang benar-benar memiliki kapabilitas ilmu syar'i.

Sayangnya, banyak kaum awam saling memberi fatwa dengan apa yang tidak mereka ketahui. Anda bisa mendapati mereka mengatakan, "Ini halal, atau haram, atau wajib, atau tidak wajlb," padahal sedikit pun mereka tidak mengetahui hukum masalah itu. 

Apakah mereka tidak tahu bahwa bila mereka menyesatkan seseorang dengan menghalalkan untuknya apa yang Allah haramkan atau mengharamkan apa yang Allah halalkan untuknya, mereka menerima dosanya dan menanggung sebesar dosa yang diperbuat oleh orang itu?


3. Sombong

Nabi  telah menjelaskan makna sombong dengan penafsiran yang komprehensif, sangat jelas dan gamblang. Beliau bersabda, "Kesombongan itu menolak kebenaran dan meremehkan manusia."

Contoh kesombongan adalah membantah guru, mencederai reputasinya dan bersikap tak sopan padanya.

Merasa malu menerima kebenaran dari orang yang levelnya lebih rendah juga bentuk kesombongan. Sikap ini terjadi pada sebagian mahasiswa ketika diberi tahu seseorang yang tingkat akademisnya di bawahnya, ia gengsi dan tidak mau menerima.


4. Fanatik pada Mazhab atau Pendapat Tertentu

Penuntut ilmu harus melepaskan diri dari sikap fanatik golongan dan partai, di mana ia memberikan loyalitas dan permusuhan berdasar golongan atau partai tertentu.

Tak disangsikan, tindakan ini berseberangan dengan manhaj salaf. Generasi salafush shalih tidak berkelompok-kelompok, tapi mereka bersatu dalam satu golongan. Mereka bersatu di bawah firman Allah, "...Dia (Allah) telah menamai kalian orang-orang muslim dari dahulu..." (Al-Hajj : 78)

Tak ada semangat golongan, tak ada keragaman kelompok, tak ada loyalitas dan tak ada permusuhan kecuali berdasarkan apa yang terdapat dalam Al-Quran dan As-Sunnah.


5. Berani Tampil Sebelum Memiliki Kemampuan yang Memadai

Pelajar harus berhati-hati untuk tidak menampilkan diri sebelum memiliki kapabilitas ilmu syar'i yang memadai. Sebab bila ia nekat melakukannya, itu menandakan hal-hal berikut :


6. Buruk Sangka

Penuntut ilmu wajib menghindari buruk sangka terhadap orang lain. Misalnya mengatakan, "Orang ini bersedekah hanya karena pamer"; "Murid itu bertanyakeuali agar dikenai sebagai murid yang pintar".

Orang-orang munafik dulu ketika seorang mukmin datang membawa sedekah banyak mereka mengatakan, "Ia pamer", namun bila ada yang menyedekahkan sedikit, mereka berucap, "Allah tidak membutuhkan sedekahnya."


7. Mendiskreditkan ulama

Para ulama, tak diragukan, adakalanya benar dan adakalanya keliru. Tak seorang pun di antara mereka yang terbebas dari kesalahan.

Namun tak sepantasnya, bahkan tidak boleh, kita memanfaatkan kesalahan ulama sebagai celah untuk mencelanya. Bila kita mendengar satu kekeliruan dari

seorang ulama, da'i atau imam masjid kita harus menghubungi mereka untuk klarifikasi. Sebab bisa jadi itu disebabkan kesalahan pemberitaan saja, atau kekeliruan dalam memahami ucapan meteka, atau ada niat jahat untuk mencemarkan reputasi sumber berita itu.

Episode Lainnya

Other Series

Komentar

A-Z List cari anime berdasarkan abjad A-Z
Copyright © DownloadNontonSubIndo. All Rights Reserved

DownloadNontonSubIndo adalah tempat download Anime, Film, Drama Korea Subtitle Indonesia